Translate

Monday, July 20, 2015

9 Tips Mencegah Pusing dan Mata Buram Ketika di Depan Monitor

9 Tips Mencegah Pusing dan Mata Buram Ketika di Depan Monitor - Kebanyakan orang akan merasa pusing dan mata menjadi buram ketika menggunakan komputer terlalu lama, maka untuk mengatasinya mereka akan langsung beristirahat ataupun mengurangi waktu penggunaan komputer.
Ilustrasi
Ilustrasi
Namun lain halnya jika kita menggunakan komputer dalam bekerja, Sobat harus terus menerus menatap monitor sementara mata kita sudah lelah untuk terus menerus menatap monitor, jika sudah demikian, kita harus segera melakukan langkah pencegahan sebelum kesehatan mata kita memburuk, berikut beberapa tips yang dapat Saya berikan untuk Mencegah Pusing dan Mata Buram Ketika di Depan Monitor.

1. Atur jarak antara mata dan monitor

Jarak yang ideal antara mata dengan monitor adalah sekitar kurang lebih 30 cm, jarak yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh akan membuat mata lelah dan menjadi tidak optimal. Jarak ini juga tergantung dari ukuran monitor yang Sobat miliki, semakin besar monitor, maka jarak ideal yang diperlukan haruslah semakin jauh.

2. Mengurangi intensitas cahaya monitor

Persentase brightness monitor yang terlalu tinggi akan berpengaruh buruk pada kesehatan mata, karena mata cenderung tidak akan kuat melihat intensitas cahaya yang tinggi secara terus menerus, akibatnya jika terus dibiarkan maka kita akan merasa pusing dan mata menjadi buram. 
Pengaturan brightness
Pengaturan brightness
Karena itu, kita harus mengurangi intensitas cahaya monitor supaya tidak terlalu menyilaukan mata, caranya jika Sobat menggunakan laptop, Sobat hanya tinggal menekan tombol Fn + Panah kiri atau kanan secara bersamaan, jika Sobat menggunakan PC, masuk ke Control Panel - Hardware and Sound - Power Options, lalu Sobat tinggal mengatur brightness monitor dengan cara menggesernya ke kiri atau kanan.

3. Jangan menggunakan komputer di tempat yang terlalu gelap atau terang

Menggunakan komputer di tempat yang terlalu gelap atau terlalu terang sangat tidak baik bagi kesehatan mata, karena jika kita menggunakan komputer di tempat yang terlalu gelap maka akan membuat kita menjadi pusing karena bedanya intensitas cahaya antara monitor dengan tempat yang kita diami.

Sama halnya dengan menggunakan komputer di tempat yang terlalu gelap, menggunakan komputer di tempat yang terang juga akan membuat mata kita menjadi buram karena mata kita terlalu banyak menyerap cahaya, baik dari monitor ataupun dari tempat yang kita diami.

4. Ukuran font yang terlalu kecil

Ukuran font yang terlalu kecil mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang, namun hal ini juga dapat menjadi penyebab mata kita menjadi buram ketika menatap monitor, cara mengatasinya adalah memperbesar font agar dapat dibaca dengan lebih mudah.

5. Font yang buram

Selain ukuran font yang terlalu kecil, font yang buram juga akan memperburuk kesehatan mata, karena tulisan akan menjadi sulit dibaca, terutama jika Sobat masih menggunakan Windows XP karena notabene fontnya masih belum nyaman untuk dipandang oleh mata. Cara mengatasinya adalah mengupgrade ke Windows 7 atau Windows diatasnya.

Namun jika Sobat memakai Windows 7 ataupun diatasnya, dan mengalami masalah font yang buram ini, sebaiknya Sobat menginstall ataupun mengupdate driver VGA agar font menjadi lebih nyaman dipandang.
baca juga: Cara Mudah Menginstall / Mengupdate Driver

6. Selalu update Windows dan software lainnya

Dengan mengupdate Windows dan software lain maka akan ada pembenahan disektor yang dianggap kurang, salah satunya adalah masalah tampilan dan juga font akan menjadi lebih User Friendly dan tentunya lebih nyaman digunakan.

7. Bersihkan monitor

Monitor yang kotor tentu akan membuat tampilan desktop menjadi buram dan sulit dilihat, maka bersihkan monitor secara berkala minimal satu minggu sekali agar monitor tetap terlihat lebih jelas, jernih dan tentunya lebih nyaman dipandang oleh mata.

8. Istirahatkan mata

Jika Sobat terlalu lama berada didepan monitor maka semua tips diatas tidak akan berpengaruh karena sudah pasti mata akan sangat lelah untuk menatap monitor, jadi istirahatkan mata sebentar agar mata kembali fresh dan siap kembali bekerja.

9. Cek kesehatan mata

Tips yang terakhir adalah dengan mengecek kesehatan mata, karena cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengetahui kesehatan mata dan juga batas waktu ketika menggunakan komputer agar mata tidak terlalu lelah.

Intinya jika Sobat merasa sudah lelah ketika menggunakan komputer maka istirahatkanlah karena kesehatan adalah hal yang terpenting dibanding yang lainnya.

Sekian tips tentang Mencegah Pusing dan Mata Buram Ketika di Depan Monitor, Semoga dapat menambah pengetahuan Sobat dalam menjaga kesehatan mata.

No comments: