Translate

Saturday, June 13, 2015

Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer

Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer - Pada era globalisasi ini, kemudahan akses informasi semakin cepat dan mudah didapat. Media internet memiliki beberapa tipe dalam penggunaan bandwith, diantaranya yaitu unlimited dan kuota. Unlimited berarti kita bisa mengakses internet tanpa harus memikirkan banyaknya data yang dikirim dan diterima, karena tidak ada batasan jumlah data tetapi dalam rentang waktu tertentu. Kuota berarti internet yang diakses menggunakan jatah data dalam jumlah tertentu, misalnya 2 GB, 4 GB, 8 GB, dan seterusnya.
Kuota Internet
Kuota Internet
Untuk memiliki akses internet unlimited atau kuota tetap saja butuh biaya untuk mendapatkannya. Tipe kuota cukup banyak digunakan di Indonesia karena biayanya yang lebih terjangkau dibanding dengan tipe unlimited. Menggunakan tipe kuota, meski telah membeli data yang cukup besar tapi tetap saja tidak cukup untuk mengakses internet selama rentang waktu yang berlaku. Alasannya sangat beragam, mulai dari penggunaan yang boros hingga aktivitas system tray yang memakan banyak kuota.

Dibawah ini juga hal-hal yang menyebabkan kuota internet cepat habis, diantaranya adalah :
Streaming video atau memutar musik secara online.
Mendownload file berukuran besar.
Mengunjungi web yang terdapat banyak gambar didalamnya.
Software atau sistem yang update otomatis.
Sinkronisasi antara komputer dengan server secara otomatis.
Game online yang membutuhkan data besar.
Untuk mengatasi hal-hal tersebut diperlukan beberapa cara, diantaranya adalah :

1. Gunakan internet sesuai kebutuhan
Untuk menghemat kuota, kita bisa menghindari menstreaming video ataupun memutar musik secara online namun jika perlu, gunakan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

2. Pahami paket kuota internet
Secara umum, operator menyediakan paket-paket untuk internet. Pahami penggunaan waktu beserta kuotanya. Misalnya saat kita ingin mendownload file berukuran besar dan kita memiliki kuota besar di jam malam, maka donwload file tersebut lalu dipause dan dilanjutkan lagi saat malam. Tak perlu ditunggu, ditinggal tidur saja.

3. Matikan update otomatis
Hal ini memang sedikit menyebalkan, karena tanpa sepengetahuan kita software atau sistem mengupdate secara otomatis dibalik layar. Jika Sobat tidak ingin hal ini terjadi, maka matikanlah pilihan untuk update otomatis.

Untuk Windows 8/8.1 dapat mengikuti cara dibawah ini :
Masuk Control Panel - System and Security - Windows Update - Change settings - pada bagian 'Important updates' pilih 'Never check for update (not recomended)' atau dapat juga memilih 'Check for update but let me choose whether to download and install them' - lalu OK.
Untuk software, Sobat dapat menggunakan software Update Freezer. Softwarenya dapat didownload di www.updatefreezer.org. Cara penggunaannya cukup buka softwarenya, maka akan muncul daftar software yang terinstall pada komputer Sobat, lalu pilih 'Disabled' dan selesai.

4. Tutup halaman web yang tidak penting
Terkadang ketika kita sedang browsing kita membuka banyak halaman web, walaupun sudah selesai dimuat, namun beberapa elemen sebuah halaman web akan tetap melakukan transaksi data dari server. Ini yang menyebabkan kuota internet terkuras.

5. Turunkan kualitas gambar pada browser
Sebagian besar pengguna internet pasti lebih sering mencari konten yang berupa teks dibanding gambar. Tetapi Saya sarankan untuk tidak melakukan langkah ini jika sobat adalah pengguna yang mencari konten berupa gambar, karena gambar yang sobat cari akan menurun kualitasnya.

6. Batasi kecepatan internet
Pada prinsipnya, semakin cepat jaringan maka akan semakin banyak data yang digunakan. Pembatasan ini akan membuat kuota tidak cepat terkuras, tetapi harus menunggu loading lebih lama saat menggunakan internet.

7. Gunakan browser yang hemat data
Dilihat sekilas memang semua browser kelihatan sama, namun ada beberapa browser yang mengkhususkan diri pada optimalisasi penghematan transaksi data. Salah satunya adalah Opera Mini dan UC Browser.

8. Manfaatkan cache browser
Cache adalah suatu elemen halaman web yang disimpan ketika dibuka, berfungsi mempercepat dan menghemat kuota internet saat membuka web yang sama. Tenang saja, tidak perlu ada yang diatur ulang karena semua browser sudah mengaktifkan fitur ini. Jadi Sobat cukup menjaga agar cache tidak terhapus.

[ baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet di Android ]

Sekian Tips dan trik Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer, Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat yang ingin menghemat kuota.

No comments: