Translate

Saturday, June 13, 2015

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android - Kuota internet berguna untuk kita agar dapat menjelajah dunia maya, khususnya bagi para pengguna android. Paket data yang ditawarkan operator sangat beragam, bukan hanya paket datanya tapi harganya juga berfariasi. Bagi Sobat pengguna android tentunya sangat familiar dengan yang namanya kuota internet murah, apalagi saat ini banyak sekali operator yang sedang bersaing untuk memberikan pelanggannya kuota internet yang murah. Tapi Sobat juga harus pintar dalam memilih, karena terkadang beberapa operator memberikan paket data yang tidak sesuai dengan yang ditawarkan.
Kuota Internet
Kuota Internet
Menghemat kuota internet itu sangat penting, gunanya agar kita tidak terlalu boros mengeluarkan uang untuk membeli kuota internet. Menghemat kuota internet bisa dilakukan oleh semua pengguna android. Banyak sekali operator di Indonesia yang menawarkan berbagai paket data internet untuk Android. Untuk itu Soabt perlu tahu trik untuk menghemat kuota internet di android.

Berikut beberapa Cara Menghemat Kuota Internet di Android :

1. Matikan fitur download otomatis
Untuk menghemat kuota internet Sobat harus mematikan fitur download otomatis pada setiap aplikasi android yang Sobat punya.

2. Matikan Auto Update Apps di Play Store
Cara mematikan auto update apps di Play Store : Masuk Play Store - Settings - Auto Update Apps - Do not auto-update apps.

3. Gunakan Paket Data Seperlunya
Gunakan paket data seperlunya ketika Sobat berselancar di internet. Jika sudah tidak digunakan sebaiknya dinonaktifkan saja.

4. Gunakan Jaringan Wi-Fi untuk Menghemat Paket Data Internet
Apabila disekitar Sobat ada fasilitas WiFi nya alangkah baiknya gunakan WiFi tersebut, karena akses WiFi terhitung lebih stabil dibanding dengan menggunakan paket data.

5. Matikan koneksi internet ketika tidak digunakan
Jika Sobat tidak sedang berselancar di internet, sebaiknya Sobat mematikan koneksi internet karena kuota akan terbuang secara percuma jika koneksi internet masih aktif.

6. Gunakan aplikasi pendukung
Jika Sobat terlalu malas untuk memonitor penggunaan kuota di android Sobat, Sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu Sobat, aplikasi tersebut bernama 'Juice Defender'. Aplikasi ini memiliki fitur mematikan koneksi paket data secara otomatis saat layar terkunci.

7. Atur Batas Penggunaan Paket Data Internet
Ponsel android versi ICS keatas sudah dilengkapi fitur untuk memonitor paket data sekaligus membatasi penggunaannya. Sobat bisa mengatur pengingatnya sesuai dengan kuota internet yang Sobat miliki, misalnya Sobat mempunyai kuota 2 GB, maka pasanglah pengingat pada 500 MB terlebih dahulu, kemudian setelah itu ada peringatan lagi ketika mencapai 800 MB, dan seterusnya.

[ baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer ]

Sekian Tips dan Trik Cara Menghemat Kuota Internet di Android, Semoga dapat bermanfaat untuk sobat yang ingin menghemat kuota.

No comments: